May 12, 2015 admin

Video Animasi Ergonomi

Video Ergonomics Office : Conocophilips Indonesia

Akhirnya setelah sekian lama, team animasi Andromeda, menyelesaikan video ergonomics office: Bekerja di Depan Komputer, dengan klien ConocoPhillips.  Konsep animasi ini, terinspirasi dari salah satu animasi yang ada di youtube, yang secara penyajian kurang lebih sama yaitu menggunakan media iPad,  sebagai media visual perbaikan.

Secara umum materi ini memperbaiki dari kebiasaan- kebiasaan karyawan yang sering tidak berlaku ergonomi ketika bekerja dengan kompuer.

berikut adalah materi Video Ergonomics Office yang kami buat:

Yang pertama: Kursi

  1. Gunakan kursi yang baik dengan penyangga punggung dan dudukan yang bisa diatur.
  2. Aturlah tinggi tempat duduk agar paha anda pararel dengan lantai sehingga sirkulasi darah lancar ke kaki dan telapak kaki. Usahakan telapak kaki anda bertumpu pada lantai atau footrest.

Kedua: Komputer

  1. Dalam menggunakan keyboard, mouse/input device, jaga lengan bawah anda pararel dengan lantai dan sudut siku pada 90 atau 110 derajat untuk sirkulasi darah yang baik dan tidak ada ketegangan pada otot.
  2. Jarak tempat duduk adalah satu lengan dari monitor atau lebih.
  3. Lengan dan siku relaks, dekat dengan tubuh.
  4. Jaga pergelangan anda datar dan lurus, relaksasikan bahu anda. Kita memiliki kecenderungan untuk menaikkan bahu kita selagi bekerja, hal ini menyebabkan ketegangan otot yang berujung pada sakit kepala.
  5. Posisi layar monitor adalah minimal sejajar atau sedikit dibawah garis penglihatan mata(eye level) .
  6. Monitor dan keyboard terletak di depan mata.
  7. Tidak boleh ada glare(silau) pada layar monitor, sebisa mungkin gunakan filter anti glare atau geserlah leher monitor dari cahaya atas.
  8. Apabila anda sedang menyalin dokumen, letakan selalu dokumen di depan anda(sejajar dengan monitor) pada sudut baca yang natural untuk menghindari otot pegal karena menoleh. Jangan lupa beri penerangan yang cukup pada dukumen.
  9. Jika CPU ditempatkan dibawah meja, usahakan CPU jangan sampai menghalangi keleluasaan posisi kaki.

Ketiga: Istirahat

  1. Sering-seringlah beristirahat sejenak untuk mengurangi rasa pegal. Istirahatkan mata dengan metode 20 – 20 – 20 Setelah didepan fokus monitor selama 20 menit, alihkan padangan mata ke obyek sejauh 20 ft (6 meter), selama 20 detik.

Animasi ini berdurasi kurang lebih 2 menit,  tidak di beri voice over, hanya iringan lagu / back sound dan beberapa sound effect.

Berikut adalah cuplikan animasi tersebut.

video ergonomics office video ergonomics office

video ergonomics office

video ergonomics office

video ergonomics office video ergonomics office video ergonomics office

Update: bisa dilihat juga youtube video ergonomics office dibawah ini:

Semoga Bermanfaat 🙂

#safetyvideo#videosafety#safetyposter#postersafety

, , , , , , , , , , , , , , , , ,